Tips Melewati Trisemester Pertama dengan Senyuman

Trimester pertama kehamilan jadi hal yang menakutkan untuk beberapa wanita. Biasanya mereka akan merasakan mual yang terus-menerus, kelelahan, kram dan lain-lain. Bagaimana melewati trimester pertama ini dengan senyuman?

Trimester pertama kehamilan (1-3 bulan) biasanya identik dengan mual dan muntah di pagi hari. Rasa mual ini disebabkan oleh meningkatnya hormon kehamilan, HCG.

Sedihnya, mual dan muntah tidak hanya datang di pagi hari. Pada beberapa wanita, dua rasa tidak enak itu bisa datang sepanjang hari, tanpa diduga-duga.

Jika mual dan muntah ini sudah sangat mengganggu kegiatan Anda, konsultasikanlah ke dokter kandungan. Biasanya dokter akan memberi obat yang bisa mengurangi rasa mual tersebut. Selain obat dari dokter, selalu sediakan permen mint atau permen karet di dekat Anda. Makan dalam jumlah sedikit setiap beberapa jam juga bisa membuat perut tetap nyaman. O'ya, para calon ibu juga harus banyak minum air agar tidak kekurangan cairan karena terlalu sering muntah.

Payudara Mulai Sakit
Rasa sakit karena payudara mulai membengkak juga akan muncul di tiga bulan pertama kehamilan. Namun rasa sakit ini tidak akan terlalu mengganggu. Agar rasa sakit tersebut tidak semakin menjadi-jadi, mulailah membeli bra yang sesuai dengan ukuran payudara Anda. Pakai juga baju yang tidak terlalu sempit di bagian dada.

Pola Tidur & Makan
Beberapa wanita hamil akan mudah terlelap di malam hari. Trimester pertama kehamilan membuat mereka merasa lelah sehingga, tidur jadi hal yang paling didambakan.

Perubahan pola makan juga akan terjadi di trimester pertama kehamilan. Mual di pagi hari menyebabkan Anda melewati sarapan. Jika ini terjadi, cobalah ngemil makanan ringan seperti biskuit sayuran atau buah-buahan jelang makan siang.

Kalau Anda tiba-tiba ingin makan sesuatu di luar jam makan, jangan khawatir, penuhi saja keinginan tersebut. Namun harus tetap diingat, makanlah makanan yang sehat.

Semua ketidaknyamanan yang terjadi di trimester pertama kehamilan ini akan berakhir di minggu pertama usia kehamilan Anda memasuki 13 minggu. Begitu masuk trimester kedua, siap-siaplah ucapkan selamat tinggal pada rasa mual dan muntah.

(Eny Kartikawati - wolipop.com)

1 comments:

puteriamirillis said...

ok deh tipsnya..

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More