Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Perempuan yang sedang hamil harus memperhatikan makanan agar tidak membahayakan janin dan dirinya sendiri. Untuk itu ketahui makanan yang harus dihidari bagi ibu hamil.

Sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui makanan apa yang aman dikonsumsi. Karena apapun yang dikonsumsi ibu hamil bisa mempengaruhi kehamilan dan janin yang masih dikandungnya.

Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil:

  1. Segala jenis makanan mentah, seperti sushi, seafood, daging atau unggas mentah lainnya karena berisiko terkontaminasi dengan bakteri coliform, salmonella dan parasit toksiplasmosis. Sedangkan jika ingin mengonsumsi lalapan atau salad mentah sebaiknya pastikan bahwa sayuran sudah dicuci bersih.
  2. Hndari telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah seperti mayonnaise, eggnog yang tidak dipasteurisasi atau saus Hollandaise karena berisiko terkontaminasi salmonella.
  3. Ikan yang mengandung kadar merkuri tinggi di jaringan lemaknya seperti hiu, todak, king mackerel dan tilefish karena bisa menyebabkan gangguan saraf dan penundaan perkembangan janin. Selain itu batasi asupan ikan-ikan yang mengandung kadar merkuri sedang seperti tuna, lobster dan ikan trout laut.
  4. Alkohol karena bisa meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur. Peminum alkohol berat dikaitkan dengan fetal alcohol syndrome yang mencakup kecacatan wajah, IQ rendah, keterbelakangan mental, koordinasi buruk dan perilaku agresif.
  5. Kafein, ibu hamil sebaiknya membatasi asupan kafein karena kafein bisa melintasi plasenta dan meningkatkan denyut jantung serta pernapasan janin. Selain itu kafein bisa mengurangi penyerapan zat besi yang secara teoritis dapat memicu anemia.
  6. Mengonsumsi makanan secara sembarangan, karena berisiko menyebabkan keracunan makanan yang bisa menimbulkan masalah serius pada kehamilan dan janin.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More