Kegiatan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Perempuan yang sedang hamil harus memperhatikan kegiatan yang dilakukan agar tidak membahayakan janin dan dirinya sendiri. Untuk itu ketahui kegiatan yang harus dihindari bagi ibu hamil.

Sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui kegiatan apa yang boleh dilakukannya. Karena apapun yang dilakukan ibu hamil bisa mempengaruhi kehamilan dan janin yang masih dikandungnya.

Beberapa kegiatan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil:

  1. Merokok, karena bisa menularkan nikotin dan juga menyebabkan kanker pada bayi. Selain itu merokok bisa meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur dan kematian pada bayi.
  2. Paparan zat beracun dan bahan kimia seperti pembersih rumah tangga yang mengandung timbal, menggunakan merkuri sebagai pelarut, insektisida dan juga cat.
  3. Menggunakan obat sembarangan, beberapa obat diketahui tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena bisa menimbulkan reaksi yang dapat membahayakan kehamilan. Mintalah petunjuk dari dokter bahkan untuk obat yang dijual bebas sekalipun.
  4. Membersihkan kandang kucing atau anjing karena berisiko toksoplasmosis yang bisa berbahaya bagi janin.
  5. Mandi dan berendam dengan air panas atau melakukan sauna, karena temperatur yang tinggi bisa merusak janin dan menyebabkan ibu hamil pingsan.
  6. Menggunakan produk pembersih vagina, ibu hamil harus menghindari semprotan atau cairan pembersih karena kemungkinan bisa mempengaruhi kondisi vagina yang dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kandung kemih atau infeksi jamur.
  7. Menggunakan X-ray, jika ibu hamil harus melakukan tes diagnostik atau pemeriksaan gigi dengan X-ray sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sehingga bisa lebih hati-hati dalam pengerjaannya.
  8. Mengangkat barang-barang berat, karena bisa meningkatkan tekanan pada punggung yang bisa menyebabkan risiko. Jika otot punggung lemah dan perut sudah membesar sebaiknya mintalah bantuan orang lain.
  9. Mewarnai rambut, karena bisa meningkatkan risiko neuroblastoma yaitu salah satu jenis kanker yang umum pada anak. Selain itu American Pregnancy Association juga menuturkan sedikit pewarna yang bersentuhan dengan kulit bisa diserap tubuh dan masuk ke dalam aliran darah.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More